Kelompok 6 kelas: 1DB04
Amalia nurul hikmah
Ahmad subhan
Angga hasnal akhir
Yudha afuwwu mulyono
soal2
analisa kasus:
andi adalah pendiri,direktur dan manajer umum dari semua operasi PT. Suka Cita sebuah pabrik Korek api di karawang. suatu waktu perusahaan itu diambil alih oleh suatu perusahaan raksasa dan di reorganisasi, dan andi diangkat sebagai direktur yg baru, diperintahkan untuk mengembangkan struktur organisasi. dia melakukannya dengan berat hati karna dia selalu mengelola perusahaannya secara informal. setelah satu tahun memecahkkan banyak masalah antarDepartemen sendiri dan bekerja 12 sampai 14 jam se hari Andi menyadari bahwa penjualan menurun,laba menyusut,dan banyak karyawan keluar dari perusahaannya.
masalahnya: bagaimana mereorganisasi PT. Suka Cita menjadi suatu perusahaan yg lebih profesional dengan meningkatkan penjualan dan laba
pertanyaan:
- Untuk mengembangkan sistem organisasi pelu kiranya andi tahu terlebih dahulu tentang informasi apa yg diberikan oleh suatu struktur organisasi? Jelaskan!
- Cara-cara dan syarat-syarat apa yg sebaiknya dilakukan agar koordinasi dilaksanakan berjalan baik
- Banyak kegagalan koordinasi disebabkan oleh komunikasi,coba saudara jelaskan mengenai hambatan-hambatan komunikasi, dan bagaimana caranya untuk mengatasi hambatan tersebut!
- Salah satu faktor penyebab penunjang keberhasilan perusahaan adalah staffing, atau penerimaan dan penempatan pegawai, coba saudara jelaskan bagaimana staffing yg efektif untuk itu!
- Ada 2 jenis perintah, yaitu perintah lisan dan tulisan. Jelaskan kapan perintah tersebut diberikan! Dan sebutkan keuntungan dari kedua perintah tersebut
Jawaban:
- andi perlu mengetahui informasi yg diberikan oleh suatu struktur organisasi agar dia bisa mengambil hati para karyawan dan andi seharusnya mencoba mengelola perusahaan secara formal agar PT. Suka Cita menjadi suatu perusahaan yg lebih profesional
2. cara-cara agar koordinasi berjalan dengan baiik
- andi harus senang hati atau lapang dada menerima bahwa dia diangkat sebagai direktur perusahaan yg baru
- mengelola perusahaan dengan cara formal/ketat
- harus mempunyai tata tertib/ harus mempunyai konsekuensi
- andi harus mencari informasi terlebih dahulu agarperusahaan barunya menjadi maju
Syarat-syaratnya
- harus lebih profesional dalam melakukan pekerjaan
- mempunyai tanggung jawab atas perusahaan yg di kelola
- saling menghargai antar karyawan
3. hambatan komnikasi:
Pengaruh emosi
- harus bisa saling menahan emosi antara karyawan satu dan karyawan lainya
beda pendapat
- setiap orang mempunyai hak berpendapat , harus menerima pendapat
tidak saling percaya
- kita harus saling percaya terhadap atasan, ataupun karyawan-karyawan yg lainya
tidak bertanggung jawab
- bertanggung jawab adalah salah satu kewajiban setiap orang dalam suatu pekerjaan yg telah dilakukan.
Contohnya: tepat waktu/ontime
4. staffing sangat berpengaruh terhadap suatu perusahaan karna dengan mengetahui kelebihan setiap anggota maka akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan itu sendiri
5. perintah lisan adalah memerintah secara langsung atau tatap muka dengan orang yg diperintah.
Keuntunganya : – lebih jelas dalam menyampaikan perintah apa yg dimaksud
-data atau informasi yg disampaikan lebih akurat
Perintah tulisan adalah perintah yg ditulis dan disampaikan melalui perantara
Keuntunganya :-lebih menghemat waktu karna tidak perlu bertemu langsung dengan orang yg dituju
Tidak ada komentar:
Posting Komentar